MAHASISWA UNIMVRESITAS MUHAMMADIYAH A.R FAHRUDDIN PRODI PGSD

Menulis Resensi Buku yang Komunikatif dan Profesional

Rabu, 9 Juli 2025 08:44 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Iklan

Tujuan dari teks resensi selain membagikan pengalaman membaca juga membantu kita menuangkan pendapat terhadap suatu karya.

Kita pasti pernah, setelah membaca buku merasa sangat ingin menceritakan betapa menariknya karya tersebut kepada orang lain. Namun, tidak jarang pula kita justru ingin mengkritiknya karena merasa ada kekurangan di dalamnya. Nah, inilah yang disebut dengan teks resensi.

Tujuan dari teks resensi selain membagikan pengalaman membaca juga membantu kita menuangkan pendapat terhadap suatu karya sekaligus menjadi panduan bagi orang lain untuk menentukan apakah sebuah buku layak dibaca atau tidak.

Karena resensi berisi pendapat terhadap suatu karya maka dari itu untuk menulis resensi harus dilakukan secara komunikatif, agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh berbagai lapisan pembaca. Jika penyajian resensi terlalu rumit dan berbelit-belit, pembaca akan kesulitan memahami maksud penulis dan tujuan dari meresensi pun tidak tercapai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

pada artikel kali ini kita akan membahas langkah praktis dalam menulis resensi buku yang komunikatif

pengertian teks resensi

Teks  adalah  satuan  bahasa  yang  mengandung  makna,  pikiran,  dan  gagasan yang   lengkap   secara   kontekstual.   Teks   tidak   selalu   berwujud   bahasa   tulis, sebagaimana lazim dipahami, soalnya teks Pancasila yang sering dibacakan pada saat upacara. Teks  dapat  berwujud  baik  tulis  maupun  lisan,  bahkan  dalam  multimoda, teks dapat berwujud perpaduan antara teks lisan atau tulis dan gambar/animasi/film.

mengutip dari wikipedia.com Ulasan atau resensi dalam konteks karya tulis adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya.Karya yang dinilai dapat berupa buku, serta karya seni film dan drama. Kata resensi berasal dari bahasa Belandaresentie, dan bahasa Latinrecensiorecensere, atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Ulasan berisi kelebihan, kekurangan, dan informasi yang diperoleh dari buku atau karya seni lainnya, seperti film, drama, lagu, dan lainnya.

Resensi yang baik bukan hanya menyampaikan isi, tetapi juga memberikan pandangan kritis dan rekomendasi kepada audiens. Dengan begitu, resensi dapat menjadi jembatan antara karya dan audiensnya.

Setelah mengetahui pengertian resensi, mari kita bahas langkah-langkah praktis dalam menulis resensi buku yang komunikatif. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, resensi yang di buat akan lebih menarik, dan mudah dipahami.

langkah-langkah dalam menulis resensi buku yang kominukatif

berikut  langkah-langkah dalam menulis resensi buku yang kominukatif, antara lain sebagai berikut.

  1. Pengenalan terhadap buku yang akan diresensi. Artinya, dalam tahap ini peresensi:
  2. mengenalkan tema buku disertai dengan deskripsinya.
  3. mencantumkan identitas buku, seperti halnya judul buku, nama penerbit, nama pengarang, jumlah halaman, tahun terbit, dan harga. Bahkan, peresensi juga mencantumkan pengelompokan buku (apakah buku yang akan diresensi tersebut masuk ke dalam buku yang membahas bidang-bidang tertentu, misalnya bahasa, sastra, politik, kebudayaan, dan lain sebagainya).
  4. Membaca dan memahami buku yang akan diresensi berulang kali, sehingga persoalan utama di dalam buku dapat diketahui/ dipahami. Contohnya pesan dari penulis buku, kekurangan atau kelebihan yang ada pada buku. dengan pemahaman yang utuh peresensi dapat memberikan penilaian yang objektif.
  5. tentukan audiens resensi

Pikirkan siapa yang akan membaca resensi yang kita buat misalnya pembaca umum, mahasiswa atau profesional. dengan menentukan audiens kita dapat menggunakan bahasa dan gaya penulisan yang tepat untuk buku yang kita resensi.

  1. Membuat sinopsis atau intisari singkat buku yang akan diresensi;
  2. Gunakan Struktur yang Jelas dan Runtut

Resensi yang profesional memiliki struktur yang rapi

Pendahuluan: Identitas buku (judul, penulis, penerbit, tahun terbit).

Isi/Sinopsis: Ringkasan isi buku secara objektif tanpa spoiler.

Analisis: Penilaian kritis terhadap tema, gaya bahasa, kekuatan, dan kelemahan buku.

Kesimpulan: Rekomendasi untuk siapa buku ini cocok dibaca.

  1. Memberikan tanda pada bagian-bagian teks atau isi buku yang patut mendapatkan perhatian khusus;
  2. Sampaikan Penilaian Secara Objektif

Menentukan sikap atau menilai buku, dengan memperhatikan:

  1. apakah buku yang akan diresensi itu saling berkaitan antara satu bab dengan bab lainnya;
  2. adakah keistimewaan penulis dalam buku yang hendak diresensi
  3. apakah bahasa yang digunakan penulis mudah dipahami
  4. apakah tampilan buku, baik dari jilid maupun isi teks sudah memperhatikan keterbacaan dan keindahan

Jangan hanya menulis kelebihan, tetapi seimbangkan dengan menyebutkan kekurangan buku secara sopan. Kritik yang baik didukung oleh alasan yang logis dan bukti dari isi buku.

 

Menulis resensi buku yang komunikatif dan profesional adalah keterampilan penting bagi siapa saja yang ingin menyampaikan pandangan kritis terhadap sebuah karya. Resensi yang baik harus memuat informasi penting tentang buku, analisis kelebihan dan kekurangan secara objektif, serta rekomendasi yang jelas bagi calon pembaca. Agar resensi mudah dipahami, gunakan bahasa yang lugas, hindari kalimat berbelit-belit, dan susun struktur tulisan secara runtut. Dengan memperhatikan audiens serta menyajikan pendapat dengan sopan dan argumentasi yang kuat, resensi akan memiliki nilai lebih sebagai referensi yang kredibel dan bermanfaat.

Daftar pustaka

Hikmah, A., Sumarwati, S., & Rohmadi, M. (2023). Karakteristik Teks Resensi pada Portal Apresiasi Online sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (Characteristics of Review Texts on Online Appreciation Portals as Indonesian Language Learning Materials in High Schools). Indonesian Language Education and Literature9(1), 64-83.

Resensi, M. MENULIS RESENSI. BAHASA INDONESIA.

Agustina, A. (2021). Peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks resensi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo semester II tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)1(2), 316-327.

Gusriani, A., & Yanti, Z. P. (2020). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Menulis Resensi Siswa Sma 1 Lengayang. Kode: Jurnal Bahasa9(3).

Grsmedia.org(2025, 14 april ) ulasan. Diakses pada tanggal ( 6 juli 2025)

Ulasan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bagikan Artikel Ini
img-content
SITI SRI MULYATI

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler