MAHASISWA UNIMVRESITAS MUHAMMADIYAH A.R FAHRUDDIN PRODI PGSD
Menulis Resensi Buku yang Komunikatif dan Profesional
Rabu, 9 Juli 2025 08:44 WIBTujuan dari teks resensi selain membagikan pengalaman membaca juga membantu kita menuangkan pendapat terhadap suatu karya.
Kita pasti pernah, setelah membaca buku merasa sangat ingin menceritakan betapa menariknya karya tersebut kepada orang lain. Namun, tidak jarang pula kita justru ingin mengkritiknya karena merasa ada kekurangan di dalamnya. Nah, inilah yang disebut dengan teks resensi.
Tujuan dari teks resensi selain membagikan pengalaman membaca juga membantu kita menuangkan pendapat terhadap suatu karya sekaligus menjadi panduan bagi orang lain untuk menentukan apakah sebuah buku layak dibaca atau tidak.
Karena resensi berisi pendapat terhadap suatu karya maka dari itu untuk menulis resensi harus dilakukan secara komunikatif, agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh berbagai lapisan pembaca. Jika penyajian resensi terlalu rumit dan berbelit-belit, pembaca akan kesulitan memahami maksud penulis dan tujuan dari meresensi pun tidak tercapai.
pada artikel kali ini kita akan membahas langkah praktis dalam menulis resensi buku yang komunikatif
pengertian teks resensi
Teks adalah satuan bahasa yang mengandung makna, pikiran, dan gagasan yang lengkap secara kontekstual. Teks tidak selalu berwujud bahasa tulis, sebagaimana lazim dipahami, soalnya teks Pancasila yang sering dibacakan pada saat upacara. Teks dapat berwujud baik tulis maupun lisan, bahkan dalam multimoda, teks dapat berwujud perpaduan antara teks lisan atau tulis dan gambar/animasi/film.
mengutip dari wikipedia.com Ulasan atau resensi dalam konteks karya tulis adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya.Karya yang dinilai dapat berupa buku, serta karya seni film dan drama. Kata resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie, dan bahasa Latin, recensio, recensere, atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Ulasan berisi kelebihan, kekurangan, dan informasi yang diperoleh dari buku atau karya seni lainnya, seperti film, drama, lagu, dan lainnya.
Resensi yang baik bukan hanya menyampaikan isi, tetapi juga memberikan pandangan kritis dan rekomendasi kepada audiens. Dengan begitu, resensi dapat menjadi jembatan antara karya dan audiensnya.
Setelah mengetahui pengertian resensi, mari kita bahas langkah-langkah praktis dalam menulis resensi buku yang komunikatif. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, resensi yang di buat akan lebih menarik, dan mudah dipahami.
langkah-langkah dalam menulis resensi buku yang kominukatif
berikut langkah-langkah dalam menulis resensi buku yang kominukatif, antara lain sebagai berikut.
- Pengenalan terhadap buku yang akan diresensi. Artinya, dalam tahap ini peresensi:
- mengenalkan tema buku disertai dengan deskripsinya.
- mencantumkan identitas buku, seperti halnya judul buku, nama penerbit, nama pengarang, jumlah halaman, tahun terbit, dan harga. Bahkan, peresensi juga mencantumkan pengelompokan buku (apakah buku yang akan diresensi tersebut masuk ke dalam buku yang membahas bidang-bidang tertentu, misalnya bahasa, sastra, politik, kebudayaan, dan lain sebagainya).
- Membaca dan memahami buku yang akan diresensi berulang kali, sehingga persoalan utama di dalam buku dapat diketahui/ dipahami. Contohnya pesan dari penulis buku, kekurangan atau kelebihan yang ada pada buku. dengan pemahaman yang utuh peresensi dapat memberikan penilaian yang objektif.
- tentukan audiens resensi
Pikirkan siapa yang akan membaca resensi yang kita buat misalnya pembaca umum, mahasiswa atau profesional. dengan menentukan audiens kita dapat menggunakan bahasa dan gaya penulisan yang tepat untuk buku yang kita resensi.
- Membuat sinopsis atau intisari singkat buku yang akan diresensi;
- Gunakan Struktur yang Jelas dan Runtut
Resensi yang profesional memiliki struktur yang rapi
Pendahuluan: Identitas buku (judul, penulis, penerbit, tahun terbit).
Isi/Sinopsis: Ringkasan isi buku secara objektif tanpa spoiler.
Analisis: Penilaian kritis terhadap tema, gaya bahasa, kekuatan, dan kelemahan buku.
Kesimpulan: Rekomendasi untuk siapa buku ini cocok dibaca.
- Memberikan tanda pada bagian-bagian teks atau isi buku yang patut mendapatkan perhatian khusus;
- Sampaikan Penilaian Secara Objektif
Menentukan sikap atau menilai buku, dengan memperhatikan:
- apakah buku yang akan diresensi itu saling berkaitan antara satu bab dengan bab lainnya;
- adakah keistimewaan penulis dalam buku yang hendak diresensi
- apakah bahasa yang digunakan penulis mudah dipahami
- apakah tampilan buku, baik dari jilid maupun isi teks sudah memperhatikan keterbacaan dan keindahan
Jangan hanya menulis kelebihan, tetapi seimbangkan dengan menyebutkan kekurangan buku secara sopan. Kritik yang baik didukung oleh alasan yang logis dan bukti dari isi buku.
Menulis resensi buku yang komunikatif dan profesional adalah keterampilan penting bagi siapa saja yang ingin menyampaikan pandangan kritis terhadap sebuah karya. Resensi yang baik harus memuat informasi penting tentang buku, analisis kelebihan dan kekurangan secara objektif, serta rekomendasi yang jelas bagi calon pembaca. Agar resensi mudah dipahami, gunakan bahasa yang lugas, hindari kalimat berbelit-belit, dan susun struktur tulisan secara runtut. Dengan memperhatikan audiens serta menyajikan pendapat dengan sopan dan argumentasi yang kuat, resensi akan memiliki nilai lebih sebagai referensi yang kredibel dan bermanfaat.
Daftar pustaka
Hikmah, A., Sumarwati, S., & Rohmadi, M. (2023). Karakteristik Teks Resensi pada Portal Apresiasi Online sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (Characteristics of Review Texts on Online Appreciation Portals as Indonesian Language Learning Materials in High Schools). Indonesian Language Education and Literature, 9(1), 64-83.
Resensi, M. MENULIS RESENSI. BAHASA INDONESIA.
Agustina, A. (2021). Peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks resensi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo semester II tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 316-327.
Gusriani, A., & Yanti, Z. P. (2020). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Menulis Resensi Siswa Sma 1 Lengayang. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3).
Grsmedia.org(2025, 14 april ) ulasan. Diakses pada tanggal ( 6 juli 2025)

Penulis Indonesiana
0 Pengikut

Kutipan yang Mengubah Dunia, Inspirasi dari Mahatma Gandhi
Rabu, 16 Juli 2025 17:40 WIBGaya APA vs MLA vs Chicago: Mana yang Cocok untuk Karya Tulis Anda
Jumat, 11 Juli 2025 09:20 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler